Subscribe:

Labels


Monday, November 16, 2015

Cara Mengembalikan Setting Komentar Di Dashboard Blogger Yang Hilang




Langsung "plash" ketika membuka halaman dashboard menu POST > DITERBITKAN blog ini dan tiba-tiba mendapati jumlah komentar pada posting tidak ada. Saya lalu membuka salah satu post dan ternyata, komentar yang ada tidak ditayangkan, hanya tertera angka banyaknya komentar seperti tampak pada gambar di bawah ini :
Menu Komentar hilang http://meditulis.blogspot.com
Komentar tidak muncul atau ditayangkan pada postingan blog (Foto : meditulis.blogspot)
Sebagai orang yang baru belajar tentang blog, kondisi ini sempat membuat saya bingung dan cemas. Saya bahkan berpikir jangan-jangan blog saya terkena virus atau mungkin ada yang bajak akun saya dan mengacak-acak blog.
Sambil mengingat-ingat lagi hal terakhir yang dilakukan sebelum menutup blog kemarin, saya mencoba membuka menu tata letak mungkin ada yang keliru. Tapi tidak ada yang salah dengan konfigurasi posting blog. Lalu saya membuka menu Setelan > Pos dan Komentar. Di sini juga ada yang aneh karena dialog pada submenu Komentar tidak muncul, seperti pada gambar di bawah ini.

Menu Komentar hilang http://meditulis.blogspot.com
Pengaturan komentar juga tidak muncul (Foto : meditulis.blogspot.com)

Keanehan berikutnya yang baru saya temukan adalah hilangnya MENU KOMENTAR PADA DASHBOARD. Padahal, semestinya menu Komentar terletak di antara menu Laman dan menu Google+ seperti tampak gambar di bawah ini :
Menu komentar hilang http://meditulis.blogspot.com
Kiri : Menu Komentar yang tidak ada, kanan : tampilan menu Komentar antara menu Laman dan menu Google+              (Foto : meditulis.blogspot.com)


Sambil terus mengingat-ingat aktivitas ngeblog terakhir, saya terus mengklik tiap menu untuk mengecek perubahan terakhir yang mungkin saya lakukan yang tetap juga tidak berhasil saya ingat. Sedikit agak takut kalau-kalau kesalahan mungkin disebabkan adanya kode HTML yang hilang. Tapi, saya merasa tidak membuka template sama sekali sebelumnya. Pikiran saya terus mengarah pada prasangka blog saya terkena virus. Hingga kemudian saya mengklik menu Google+. Saya ingat kemarin menambahkan sesuatu pada menu ini. Saya mencentang dialaog GUNAKAN GOOGLE+ KOMENTAR PADA BLOG INI.


Menu Komentar hilang http://meditulis.blogspot.com
Saya mencentang Komentar Google+ (Foto://meditulis.blogspot.com)

Saya tidak yakin ini merupakan sumber masalah hilangnya menu Komentar dan semua komentar di postingan blog ini. Namun, karena memang ini merupakan aktivitas perubahan terakhir yang saya lakukan, saya lalu mengkliknya. Dan... seketika MENU KOMENTAR MUNCUL di antara menu Laman dan Menu Google+ seperti sebelumnya. Jadi ternyata komentar Google+ adalah titik kunci masalahnya.

Lega dan terbantahkan sudah prasangka soal virus dan pengacak blog. Ternyata pelakunya adalah saya sendiri. Hehehehe...

Mungkin sobat ada yang mengalami, sudah jangan parno berlebihan seperti saya yak! :D Seperti yang saya ceritakan, kuncinya Komentar Google+.

Sumber : http://meditulis.blogspot.co.id/2013/07/cara-mengembalikan-menu-komentar-di.html




Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Pembaca Yang Baik Pasti Meninggalkan Komentar :d

follow @aghi182